Teroris Poso Kabur, Menkumham Akui Pengawalan Minim

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengakui ada kelalaian petugas di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Ampana, Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan menyebabkan terpidana teroris dan mutilasi tiga siswi di Poso, Basri alias Ayas alias Bagong melarikan diri pada Jumat, 19 April 2013 lalu.

"Kami akui, dari informasi awal yang diperoleh, pengawalannya cukup minim. Itu tentu di bawah standar pengamanan yang wajar," kata Amir.

Menurut Amir, Basri keluar dari lapas dengan alasan untuk mengantar istrinya yang sakit. Pengawalan saat itu dilakukan petugas lapas bernama Wayan Sutana.

"Kasus itu kini sedang dalam proses pemeriksaaan," katanya.

Amir memastikan, pihaknya akan terbuka dalam proses penyelidikan kasus tersebut, khususnya terkait dugaan kelalaian petugasnya.

"Kami sedang menelusuri. Apapun temuannya nanti pasti akan kami sampaikan kepada publik secara transparan, karena publik perlu mengetahui itu," imbuhnya.

Amir menambahkan, mengenai Basri yang sudah melarikan diri, pihaknya bekerjasama dengan Kepolisian sedang melakukan pengejaran.

"Sekarang dalam proses pengejaran," kata Amir.

Basri alis Bagong (37) divonis penjara selama 19 tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 11 Desember 2007 lalu.

Di terbukti terlibat dalam ledakan bom senter di Kawua pada 9 September 2006, penembakan dua siswi di Poso pada November 2005 serta penembakan pendeta Susianti Tinulele pada 18 Juli 2004 di Palu.

Setelah menjalani pidana beberapa tahun di Jakarta, Basri dipindah ke Lapas Klas II A Palu. Kemudian dari Lapas Palu, ia dipindahkan lagi ke Lapas Klas II B Ampana. Dan melarikan diri hingga saat ini.

ntriandana 27/04/2013 kok capnya teroris tapi ditempatin di LP tanpa pengamanan khusus ya?banyak banget masalah di LP belakangan ini,sibuk ngurusin apa ya pa menterinya :)

View the original article here

Anda Telah Membaca Artikel dalam kategori Kabur / Menkumham / Minim / Pengawalan / Teroris Silakan Bookmark dan sebarkan URL ini http://bookmarkberita.blogspot.com/2013/04/teroris-poso-kabur-menkumham-akui.html
Judul: Teroris Poso Kabur, Menkumham Akui Pengawalan Minim
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Administrator

Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran Anda dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.
Written By: Administrator - Minggu, 28 April 2013

No Comment yet for "Teroris Poso Kabur, Menkumham Akui Pengawalan Minim"

Posting Komentar