Ini Gejala Awal Penuaan Kulit

Ditandai dengan kondisi kulit yang kasar dan kusam.Mutia Nugraheni, Rizky Sekar Afrisia Jum'at, 26 April 2013, 11:37 WIBPerhatikan kondisi kulit setiap hari.   Perhatikan kondisi kulit setiap hari.  VIVAlife - Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit pun ikut berubah. Biasanya, memasuki usia 30an sudah mulai banyak wanita yang mengeluhkan kerutan di wajah. Belum lagi kulit yang semakin kusam akibat melambatnya proses regenerasi kulit.

Normalnya, proses tersebut membutuhkan waktu 28 hari. Semakin tua seseorang, proses akan memakan waktu lebih lama. Tanda pertama yang mudah dikenali, adalah adanya perubahan pada lapisan kulit teratas atau epidermis.

"Biasanya tanda penuaan itu terlihat dari kondisi kulit yang kasar dan kusam, akibat melambatnya proses regenerasi," kata dr Vinia Permata, spesialis kulit.

Ia menjelaskan, di lapisan epidermis terdapat tumpukan sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering. Biasanya, tumpukan sel kulit mati itulah yang akan mengelupas dengan sendirinya dalam waktu 28 hari, atau disebut regenerasi. Karena proses itu melambat seiring berjalannya usia, sel kulit mati makin menumpuk sehingga kulit jadi tampak kusam dan kasar.

"Tanda penuaan yang juga muncul di permukaan dan mudah dikenali, adalah flek," kata dr. Vinia.

Selain penuaan, flek juga bisa disebabkan paparan sinar ultraviolet (UV) yang membuat kulit rusak. Penyebab lainnya adalah adanya hormon, seperti estrogen dan progesteron. Misalnya saat hamil trimester ketiga atau akibat pil.

Penuaan jadi lebih cepat juga karena pengaruh obat-obatan yang mengandung komposisi tertentu. Termasuk ras, genetik, atau kesalahan kosmetika.

"Ada beberapa zat dalam kosmetik yang bisa menyebabkan flek. Seperti zat pewarna, kosmetik yang mengandung parfum, ataupun kosmetik yang fotosensitif," ujar dr Virnia.

Flek bisa terjadi di lapisan kulit epidermis maupun yang lebih dalam, yakni dermis. Jika di lapisan epidermis, saat sel kulit berganti flek pun ikut terangkat. Tapi kalau di lapisan dermis lebih sulit terangkat. Dengan obat atau perawatan tertentu, flek tersebut bisa disamarkan meski tidak hilang sama sekali.

Ciri kulit sehat

Usia muda pun tak menjamin kondisi kulit seseorang dinyatakan sehat. Meski kulit tampak putih dan kencang sekalipun. Dokter Vinia menyebutkan pula ciri-ciri kulit sehat. Pertama, kulit terlihat bersih meski tidak putih, halus, cerah, berkilat, lembap, lentur, dan lembut.

"Kedua, kalau dicubit dia akan kembali dengan cepat, artinya kulit dalam kondisi kenyal," imbuhnya.

Selain itu, kulit juga terlihat bercahaya, serta tak ada jerawat, flek, ataupun noda. Untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah memang tak mudah. Diperlukan perawatan kulit dengan teratur, termasuk memiliki pola hidup sehat.

"Banyak minum aiir putih, diet makanan sehat, konsumsi vitamin, istirahat cukup, dan olahraga. Itu semua membantu kita mendapatkan kulit yang sehat," ujar dr. Virnia. (umi)


View the original article here

Anda Telah Membaca Artikel dalam kategori Gejala / Kulit / Penuaan Silakan Bookmark dan sebarkan URL ini http://bookmarkberita.blogspot.com/2013/04/ini-gejala-awal-penuaan-kulit.html
Judul: Ini Gejala Awal Penuaan Kulit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Administrator

Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran Anda dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.
Written By: Administrator - Sabtu, 27 April 2013

No Comment yet for "Ini Gejala Awal Penuaan Kulit"

Posting Komentar